1 Comment

Festival “Saimatsu”

Saimatsu

Saimatsu merupakan salah satu perayaan yang dilakukan untuk memperingati akhir tahun (festival tutup tahun). Saat ini biasanya dimanfaatkan untuk berbelanja barang-barang murah. Karena pada saat saimatsu berlangsung biasanya banyak toko-toko yang menjual barang-barang dalam jumlah yang besar dan diskon secara besar-besaran. Atau dengan kata lain mengadakan obral khusus akhir tahun.

Saimatsu juga merupakan masa berlangsungnya Bounenkai, yang merupakan suatu kebiasaan orang-orang Jepang yang berpesta minum minuman beralkohol sampai mabuk. Tujuan Bounenkai adalah untuk melupakan kesusahan yang telah menimpa selama setahun yang telah lalu. Pada masa Bounenkai kereta listrik terakhir dipenuhi oleh orang-orang mabuk.

Saat saimatsu berlangsung ada juga toshi no ichi (pasar) yang diadakan di berbagai kota. Seperti di Tokyo misalnya, tepatnya di Asakusa selalu diadakan hagoita ichi yang berlangsung tiap tanggal 14 desember sampai dengan 18 desember. Hagoita merupakan salah satu permainan yang dimainkan selama tahun baru. Permainan hagoita ini menyerupai permainan badminton. Harga hagoita ini sangat mahal, namun banyak orang yang membelinya karena mereka percaya bahwa permainan tersebut akan membawa nasib baik.

One comment on “Festival “Saimatsu”

Leave a comment