Leave a comment

Festival “Setsubun”

Setsubun adalah nama perayaan sekaligus istilah yang digunakan di Jepang untuk hari sebelum hari pertama setiap musim. Dalam satu tahun terdapat 4 kali hari pertama setiap musim: risshunrikkarishū, dan rittō. Istilah “setsubun” sekarang hanya digunakan untuk menyebut hari sebelum risshun (hari pertama musim semi) sekitar tanggal 3 Februari, sedangkan hari-hari setsubun yang lain sudah terlupakan.

Kebiasaan-kebiasaan yang sering di lakukan pada saat “Setsubun”

Melempar kacang

Pada saat setsubun melempar kacang adalah hal yang biasa.Kacang yang di gunakan adalah kacang kedelai yang sudah disangrai matang.Kemudian kacang tersebut di lemparkan kepada para pemain “oni”atau setan.Kacang ang di lempar jumlahny haruslah sama dengan usia yang di lempar atau oniTradisi melempar kacang melambangkan keinginan bebas dari penyakit dan selalu sehat sepanjang tahun.

Makan sushi

Tak hanya mlempar kacang tetapi saat perayaan Setsubun masyarakat Jepang juga memakan sushi.Sushi dimakan tanpa berhenti sambil menghadap ke arah mata angin tempat bersemayam dewa keberuntungan untuk tahun tersebut. Sushi dipegang dengan kedua belah tangan dan orang yang sedang makan dilarang berbicara sampai sushi habis dimakan.

 

Leave a comment